Kamis, 14 Oktober 2010

Tes Kesehatan Pasangan Sebelum Menikah

Author: http://bit.ly/9z2eZI


Job Vacancy, Indonesia Job, Job Indonesia

Menikah adalah hal yang didambakan setiap Manusia di dunia ini. Sebelum ia di panggil oleh yang Maha Kuasa, ia pasti ingin merasakan dahulu apa yang dinamakan menikah itu. Menikah merupakan satu momen yang tak hanya membahagiakan tapi juga sebuah jenjang akhir bagi tiap pasangan yang telah menemukan belahan jiwanya. Jauh-jauh hari sebelumnya, kita harus mempersiapkan hari bersejarah itu. Hal ini memang harus dilakukan, termasuk masalah cek kesehatan pra nikah. Banyak persiapan penting yang harus dilakukan oleh tiap pasangan.

Makanya jangan sepelekan pemeriksaan kesehatan sebelum pernikahan Anda berlangsung. Jika kita tak waspada, ada banyak resiko yang akan menghadang Anda dalam menjalani pernikahan. Jadi, hindari resiko tersebut sedini mungkin, periksakan kesehatan Anda dan pasangan ke dokter atau Rumah Sakit terdekat, yang menyediakan paket medical tes khusus untuk calon pengantin. Tentunya memeriksakan diri bukan sekedar kewajiban saja, tetapi tentu mempunyai manfaat yang sangat penting. Mengetahui kondisi Anda dan pasangan, memperoleh kesiapan mental, serta mengetahui jika ada penyakit-penyakit yang nantinya dapat segera Anda tanggulangi.

Kapan waktu yang tepat melakukan tes kesehatan pra nikah?
Biasanya pemeriksaan kesehatan pra nikah dilakukan enam bulan sebelum dilangsungkannya pernikahan. Tes kesehatan pra nikah dapat dilakukan kapanpun selama pernikahan belum berlangsung. Jika pada saat pengecekan ternyata ditemui ada masalah, maka pengobatan dapat dilakukan setelah menikah. Banyak hal yang seharusnya dapat Anda lakukan dan dicegah dengan melakukan tes kesehatan pra nikah.
Hasil pemeriksaan kesehatan pra nikah memang wajib dilakukan oleh semua calon pasangan pengantin. Tidak ada salahnya untuk mengetahui secara detail mengenai keadaan fisik dengan melakukan check up, termasuk melakukan tes-tes yang dapat mengetahui kondisi fisik pasangan . Cukup datang ke dokter umum dan melakukan tes fisik untuk mendeteksi adanya kelainan tekanan darah, jantung, urine, kulit dan penyakit dalam lainnya.
Jangan sampai timbul penyesalan setelah menikah, hanya gara-gara penyakit yang sebenarnya bisa disembuhkan dari jauh-jauh hari. Ada baiknya jika Anda menuntaskan dulu pengobatan, baru kemudian menyusun kembali rencana pernikahan Anda. Saat ini pada kenyataannya, tak jarang banyak calon pengantin yang enggan melakukan pemeriksaan kesehatann sebelum melangsungkan pernikahan. Mereka menganggap bahwa, tes kesehatan tersebut hanya akan menambah daftar kesibukan, serta pemborosan karena memakan biaya, atau bahkan ada yang berfikiran akan dapat mempengaruhi hubungan mereka. Padahal pemeriksaan kesehatan pada calon pasangan suami istri sebelum pernikahan mempunyai peranan dan kegunaan yang sangat penting bagi kelangsungan perkawinan, terutama hubungannya dengan masalah kesehatan fisik dan reproduksi.
Sebetulnya dengan melakukan cek kesehatan pra nikah, justru akan dapat membantu calon pasangan dari segi kesiapan mental. Langkah-langkah melakukan pemeriksaan kesehatan pra nikah tidak sulit, dan tidak memerlukan biaya besar. Tinggal bagaimana kesadaran dan kemauan calon pengantin tersebut. Maka dari itu anda dan pasangan anda lakukan cek kesehatan pra nikah, biar tidak menyesal di malam pertama anda setelah menikah nanti.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar